Assamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera
Heheh formal sekali ya, ini karena bakal dibaca penduduk Indonesia yang mayoritas muslim dan minoritas non muslim, jadi patut saya beri salam kepada kalian yang meluangkan waktunya untuk sekedar membaca tulisan asal ini.
Karena, ini pertama kalinya, jadi saya hanya ingin "say hi" saja (alibi karena gak tau mau nulis apa). Sekalian mau bercerita kenapa saya ingin menulis saat ini, siapa yang memotivasi saya untuk menulis? Apa yang membuat saya ingin terus menulis dan belajar menulis :3 *anything, all about write*
Baiklah, sebelumnya jika kamu tak sanggup baca karena ini garing, atau monoton sudah jangan berhenti baca ya.. hehe
Awalnya, saya tidak suka dengan tulis menulis, saya lelah dan mudah bosan ketika menulis. Banyak hal lain yang bisa saya lakukan selain menulis, pokoknya selain tulisan. Eh, ada temen ngajakin saya untuk gabung jurnalistik. Dengar saja saya sudah pikir ini pasti tulis menulis dan ketemu tanya-tanya orang *yaiyalah, ya saat itu saya masih sangat pemalu dan suka sekali menghindar jika bertemu orang (hingga saat ini pun begitu), Lah kagak ada perubahan? Ntar saja jawabnya.
Pokoknya, saya acuh banget dengan namanya organisasi di kampus, niatan dalam hati cuma ingin kuliah yang bener (iya, kuliah yang bener! bener diamnya, bener kupernya, bener sendirinya, *nah)
Saya ini mudah sekali terbawa arus teman, tapi nggak sampai larut dan tenggelam yah! Pikir-pikir ya kenapa nggak dicoba dulu, kata temen waktu itu. Memang, syaratnya nggak ribet sih, tapi namanya Mahasiswa Baru alias Maba kan polosnya itu kayak tembok rumahmu, eh rumahku.
Setelah itu buatlah saya surat lamarannya dan embel-embel lainnya. Saya memilih bidang fotografi dan saya masukin syarat fotonya itu foto kucing saya yang lagi melamun membelakangi kamera. Bisa bayangkan? Berawal dari foto kucing inilah, yang menghantarkan saya menuju tahap selanjutnya. Interview! Wewww, ini kali pertama saya di interview untuk masuk organisasi *duh polosnya
Hari itu, saya lupa tanggal berapa yang jelas Oktober, ya itu sudah 2,5 tahun lalu. Saya di Interview oleh mba yang sudah sarjana, Latifah, S.Ikom (duh gelarnya gak nahan ingin nyusul segera). Pertanyaan yang paling saya ingat itu "Kenapa kamu ingin gabung?, Apa kelebihan dan kekurangan kamu?. Ini pertanyaan dasar sih, ketika kamu ingin serius gabung atau melamar pekerjaan (haha namanya juga baru pertama kali)
Yah, kalau boleh jujur diawal saya diajakin dan ikutan saja, kelebihan saya adalah lebih sering telat, lebih sering dimanja sama ortu, lebih sering minta ini itu, lebih jarang makan, lebih lama di toilet, lebih lama sendiri *tuh, dan kekurangan saya itu kurang percaya diri, kurang tidur, kurang makan, kurang bersyukur, kurang sehat, kurang calon imam. Itu! Jika banyak lebih dan kuranngnya saya mohon maaf. Akhir kata, saya pun diterima lahir batin di organisasi ini.
Sebenarnya organisasi apa sih? Namanya dulu itu UKM Jurnalistik Unmul, sekarang dia telah berubah seiring perkembangan zaman, menjadi Lembaga Pers Mahasiswa Sketsa Unmul. Duh, kalau tahu ikut organisasi itu menyenangkan, memberi pengalaman lebih, saya harusnya ikut sebelum saya dilahirkan. Maksudnya, dari dulu dan mungkin saat itu saya sudah tidak sepolos ini.
Setelah bergabung, saat yang paling mengena itu adalah Grand Opening nya mereka untuk menyambut kita maba-maba imut dan maba-maba imut angkatan lama :3, dan saya dapat "Jurnalistik Praktis" bukunya kang Asep Syamsul M. Romli, S.IP. (karena ? saya lupa apa :") yang jelas cepat-cepatan nyebutin kembali yang diterangkan kak Chiko a.k.a Surahman, S.H ini.
Nah, dari sini saya mulai penasaran dan ingin lebih dekat dengan organisasi pun dengan teman-teman di dalamnya. Ya, teman!!!! Akhirnya saya punya banyak teman dan itu tidak hanya dari fakultas saya sendiri :3 (Weeww!! Kuper kali aku!) Banyak teman juga banyak hal yang dapat bagi di Ujur juga pasti banyak pelajaran yang dapat saya ambil.
Ujur, kalau diganti z artinya sudah lain. Ujur begitulah dulu kami memanggilnya sebelum ia berganti nama. Disini saya belajar apa itu tulisan dan bagaimana caranya menulis berita maupun bukan berita, sempat sedikit pesimis dan minder dengan hal tulis menulis ini, juga sampai sekarang. Saya hanya memahami sedikit dan masih banyak yang harus saya pahami lagi. Ketika, wawancara saja saya sering bingun apa yang harus saya tanyakan dan bagaimana menyampaikannya agar tak salah bicara, (ini.. ini..) sering kali saya yang mahasiswa komunikasi ini susah untuk mengkomunikasikannya dan tak jarang ada miskom (bukan tempat cuci piring) disana-sini *pyuhh.
Hal yang paling saya takutkan ketika menulis adalah, ketika si narsum (bukan makanan) komplain karena tulisannya tidak sesuai, atau tulisan saya benar, benar-benar bikin marah yang baca, benar-benar monoton, benar-benar tidak bermanfaat, benar-benar ngawur. :" semoga tidak seperti itu ya, kalau pun begitu maafkanlah :" saya manusia juga bisa salah ketik dan khilaf.
Terus lagi, walaupun belum menghasilkan karya tulis seperti banyaknya teman diluar sana, saya cuma ingin mencoba dan mencoba untuk tidak pesimis dengan hal ini, *yyeaayyy
Inilah sedikit kata sambutan dari saya, hal yang awalnya tidak kau sukai bisa jadi engkau cintai di lain hari.
Wassalamua'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Siang dan Salam Sejahtera :))
Tidak ada komentar:
Posting Komentar